Sabtu, 31 Oktober 2015

Tugas_4SS_PengantarBisnis

Bauran Pemasaran Berdasarkan 4P/7P



Untuk mengukur seberapa baiknya suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya, kita bisa menilainya melalui analisis pada Penerapan Teori Marketing 4P/7P pada sebuah perusahaan. Dan pada kali ini, menurut pengalaman pribadi saya, saya akan membahas tentang Penerapan 4P/7P pada perusahaan jasa yang sedang booming pada saat ini, yaitu GoJek.

1.       Product
Produk jasa yang ditawarkan GoJek saat ini bukan hanya sebagai transportasi antar penumpang saja. Mengingat semakin sibuknya masyarakat khususnya di daerah ibukota saat ini, GoJek hadir dengan produk-produk jasanya berupa:
1.       Go-Ride, sebagai layanan utama dari GoJek untuk mengantar Anda ke tempat yang ingin Anda tuju.
2.       Go-Send, tak perlu repot untuk pergi ke jasa layanan paket. Tinggal hubungi GoJek, dan paket Anda akan sampai pada tujuan di hari yang sama.
3.       Go-Food, untuk Anda yang ingin membeli makanan di suatu restoran, namun malas untuk pergi kesana dan mengantre, tinggal gunakan layanan ini, Anda akan mendapatkan makanan kesukaan Anda.
4.       Go-Mart, hampir sama seperti Go-Food, namun layanan ini digunakan bagi Anda yang ingin berbelanja
5.       Go-Clean, layanan baru GoJek ini memberikan servis untuk membersihkan rumah Anda hanya dengan mengklik aplikasi.
6.       Go-Glam, tak perlu capek pergi ke salon dan mengantre. Kini GoJek hadir dengan layanan Go-Glam sebagai servis salon di rumah Anda.
7.       Go-Massage, pegal-pegal setelah beraktivitas seharian? GoJek hadir dengan aplkasi Go-Massage yang akan memberikan layanan servis pijat massage hanya dengan mengklik layanannya.
8.       Go-Busway, layanan baru untuk membantu Anda mencari halte Transjakarta terdekat dan terintegrasi dengan layanan Go-Ride untuk mengantar Anda menuju kesana.


2.       Price
GoJek menerapkan tarif per-kilometer yang tentunya terjangkau bagi kalangan menengah. Namun, jika Anda memesan GoJek pada Rush Hour (jam-jam pulang kerja sekitar pukul 16.00-19.00), tarifnya akan berbeda pada tarif biasa. Sebagai promosi, diluar jam Rush Hour, GoJek memberikan tarif Rp 15.000.
3.       Place
Saat ini, GoJek sudah memiliki driver kurang lebih 20.000 driver di berbagai tempat sehingga memudahkan Anda menjangkau mereka dan mempercepat layanan mereka untuk Anda.
4.       Promotion
Saat ini, GoJek makin mudah Anda dapatkan. Sebagai pengguna smartphone, GoJek sudah memiliki aplikasinya sendiri yang bisa Anda download baik di Playstore untuk pengguna Android, dan Appstore bagi pengguna Apple.
5.       People
Tidak sedikit driver GoJek yang ternyata adalah seorang lulusan sarjana S1. Hal ini memberikan nilai tambah bagi penilaian GoJek karena ternyata, profesi ojek tidak selalu mengarah pada kualitas pendidikan rendah dan membuktikan bahwa siapapun bisa menjadi driver GoJek
6.       Process
Mutu layanan jasa GoJek tidak diragukan lagi. Anda tidak perlu ragu dan khawatir untuk naik ojek karena setelah memesan, biasanya driver GoJek akan menghubungi Anda terlebih dahulu. Keramahan driver GoJek inilah yang akan membuat Anda percaya pada layanan ini.
7.       Physical Evidence
Karakteristik yang menjadi nilai tambah bagi GoJek adalah kita tidak perlu lagi membawa helm dan masker ketika ingin naik ojek. Karena GoJek telah menyediakan helm sendiri dengan label GoJek berwarna hijau di helmnya dan memberikan masker secara gratis bagi pelanggannya.

© nisaalfth, 2015
Materi Referensi: Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar